Thursday, October 4, 2007

Asistensi Java TK06

Hari ini untuk kedua kalinya asistensi Java buat anak TK 06. Materi dah nyampe Array. Tadi kita nyoba-nyoba koding buat penulisan Array satu dimensi dan juga dua dimensi.
Nah ini adalah kodingnya
##part 1
public class ArraySample
{
public static void main( String[] args )
{
int ages[]=new int[100];
for( int i=0; i System.out.println(ages[i]); }
}
}
Keterangan:
Nama dari class ini adalah ArraySample. Didalamnya kita deklarasikan sebuah array yang bersifat satu dimensi dengan nama ages yang bertipe integer. Isi dari array ages tersebut adalah seratus bilangan integer baru dan karena kita tidak mendefinisikan isi dari array tersebut maka komputer secara default akan memberikan nilai 0 (nol) untuk isi dari array ini. Hal ini dikarenakan variabelnya bertipe numerik.
Sekarang masuk ke perulangan dengan sintaks for loop

for( int i=0; i System.out.println(ages[i]); }

Statement looping diatas memiliki statement syarat yang berada di dalam tanda kurung dimana perulangan akan dilakukan jika variabel i nilainya masih kurang dari panjang array ages.
Dalam perulangan tersebut sistem akan menuliskan elemen array ages dalam satu baris tunggal.
Koding length berfungsi untuk menghitung jumlah elemen array.

##part 2
public class ArraySample
{
public static void main( String[] args ){
int ages[]=new int[20];
for( int i=0; i i++;
System.out.print(ages[i]);
}
}
}
Keterangan:
Sekilas mungkin koding diatas sama dengan yang sebelumnya tetapi disana ada penambahan satement yang dieksekusi dalam perulangan yaitu statement i++;
Lalu apa bedanya? Bedanya saat dieksekusi program akan menampilkan elemen array yang lebih sedikit karena disana terdapat dua syarat yang harus dipenuhi yaitu syarat pada statement for-nya sendiri dan juga syarat dalam statement perulangan yang harus dieksekusi. Jadi bisa dikatakan untuk yang kedua ini kita nulisnya lompat dua-dua, so hasile nanti lebih sedikit dari yang ##part1 tadi.

##part3

public class TestArray{
public static void main( String args[] )
{
int penghasilan[]={150000, 175000, 200000, 200000,150000,180000, 175000, 160000, 140000, 150000, 165000, 170000 };
int jumlah=0;
float rerata;
for (int i=0; ijumlah=jumlah+penghasilan[i];}
rerata=(float)jumlah/penghasilan.length;
System.out.println("Rerata pendapatan:"+rerata);
System.out.println("jumlahbulan :"+penghasilan.length);
}
}

Ini array satu dimensi yang elemennya udah ditentukan.Koding diatas digunakan untuk menghitung rata-rata gaji seseorang dalam 12 bulan.Untuk menghitung rerata rumusnya adalah jumlah semua elemen dibagi dengan banyaknya elemen. Nah, untuk meyimpan hasil penjumlahan semua elemen dideklarasikan sebuah variabel dengan nama jumlah dan tipe integer. sementara itu rerata menggunakan variabel rerata dengan tipe float.Untuk pembaginya diambil dari panjang array dengan menuliskan kode length. Hasil dari pencarian rerata ini dikonversi ke bentuk float atau pecahan dengan koding:
rerata=(float)jumlah/penghasilan.length;
Kalao udah tinggal ditampilin dengan System.out.println deh.

No comments: