Wednesday, May 28, 2008

PHP Triad ; AppServ ; or UniServer ?

Yuhu sebelumnya mohon maaf buat coordinator yang dah dibikin repot karena ketidaktahuan saya pada webserver jenis UniServer... Yupz karena selama ini lebih sering memakai AppServ jadi sempet terjadi kesalahan waktu back up data dan dump data yang sebelumnya udah kesimpen di data base..(ternyata beda ... :) )
PS:
di PHP Triad n AppServ
data ada di MySQL -> Data
file web ada di www (AppServ) atau di htdocs (PHP Triad)

di UniServer
data ada di usr/local/mysql/data
file web ada di www

Ceritane begini :

Karena salah satu komputer yang ada di Puskom mengalami serangan virus yang bikin kompi tersebut terkena flooding data so butuh diinstall ulang. Nah si PJ komputer minta bantuan saya buat nginstall ulang,,, Tapi ternyata ada web server baru (Uniserver) yang diinstall disini dan memiliki karakteristik (Tempat peletakan file database yang agak beda) jadi waktu akhirnya saya nginstal ulang dan nginstall PHP Triad ada perbedaan masalah data base nya (mawutttzz...)

PAda awalnya memang masih make PHP Triad yang agak ribet karena mesti nyalain MySQL dan Apache setiap kali maw jalanin program billing... nagh ngeliat kondisi yang seperti itu maka dipakailah Uniserver, sebuah webserver baru yang lebih canggih dengan berbagai kelebihan :
*) Nggak perlu diinstall secara permanen
*) Lebih baru versi PHP dan MySQL nya
*) Nggak perlu nyalain satu-satu Apache dan MySQL nya
*) Localhost bisa langsung di redirect ke alamat website yang dikehendaki
*) Ada fasilitas .httaccess yang digunakan untuk membatasi pengguna yang bisa mengakses ke web tersebut

Uniserver dijalankan dengan mengeksekusi sebuah file .bat yang berisi perintah2 untuk menyalakan Apache, MySQL dan beberapa perintah seperti redirect dan sebagainya. Begitu file . bat dijalankan maka akan dibentuk direktori baru secara otomatis (default : data (W) ) dimana didalamnya ada data-data (file program dan juga database dari web), menjalankan Apache dan My SQL. Ni ni potongan scriptnya di file .bat :

rem use: start mysql console - to start mysql at server start and display console
rem use: start mysql - to start mysql at server start
rem use: start nomysql console - to display console

udrive\home\admin\program\pskill.exe Apache.exe

if errorlevel 2 goto :PAUSE

if not errorlevel 1 goto :STARTED

set Disk=%1

if "%Disk%"=="" set Disk=w

rem create the disk
subst %Disk%: "udrive"


Nah begitu dijalankan maka Uniserver akan membuka default web browser untuk membuka secara otomatis alamat http://localhost/apanel (ini sama dengan http://localhost/phpmyadmin di PHP Triad n AppServ) hanya saja fasilitas yang ada didalamnya lebih komplit.


Dengan mengatur alamat redirect maka dapat ditentukan kemana Uniserver akan membuka file saat pertama dijalankan (misale diubah ke alamat http://localhost/webku) webku adalah nama folder tempat saya nyimpen file web saya. Nah otomatis Uniserver akan membuka file index yang ada di folder webku.


sekian dulu disambung lain kali ye....



1 comment:

Anonymous said...

yang bagus emang appserv atau xampp karena mudah