Thursday, May 10, 2007

Rave Delphi

Dalam pembuatan aplikasi Delphi dapat dibuat report dari aplikasi tersebut dengan dua jalan yaitu ada Quick Report and Rave Report.Kalo kalian pake Delphi7 tab Quick Report ngga' ada di pallette VCL jadi musti nginstall sendiri dari Component-->Install Packages-->Add-->browse di folder programfile|Borland|Delphi7|Bin|dclqrt70.Nah gitu kalo soal Rave Report itu udah ada tab-nya sendiri.Tinggal masukin ke form aja.
Keunggulan Rave Report adalah kita bisa masukin koding barcode,jadi bisa buat aplikasi barcode dari sini,Kelemahannya agak rumit sebab harus bikin sebuah project report baru dengan Rave Designer yang nantinya akan diincludekan dalam bentuk file tersendiri.
Sementara itu dengan Quick Report kita nggak perlu bikin file baru ,hasil report secara otomatis menyatu dengan file Delphi.
Rave Report sebenarnya dan sejujurnya setelah aku nyoba sendiri agak ribet juga dan yang jelas kalo pake Quick Report nggak perlu takut file ngga bisa tampil karena salah nyimpen path atau adanya link absolut gitu.Tadi aplikasiku juga ngga bisa jalan kecuali kalo file rave ku dipindah ke path yang sesuai ,repot juga jadinya.Dan aku juga masih bertanya-tanya gimana caranya biat path dari file rav ku hilang jadi bisa dijalankan dimana aja.
Laporan Komdat ku terpaksa dikumpul apa adanya soale dah nggak ada waktu buat ngedit lagi .Kemaren terlalu lama bikin presentasi Flash sampai yang lain ngga kebagian waktu lagi.Kocar kacir deh..........

No comments: