Monday, May 21, 2007

Membuat Karya Desain

Tugas desain grafis yang dijanjikan telah tiba.Wua ternyata lumayan rumit dan sekali lagi saya harus berhadapan dengan desain dan pemilihan warna seperti biasanya.Mungin memang perlu konsultan khusus nih.Aspek pemilihan gambar yang digunakan juga penting,sebab bisa saja gambarnya pecah setelah di print.Sebenarnya penggunaan fotografi dalam poster akan membuat efek alamiahnya semakin nyata dan juga ada banyak banget kejadian yang mungkin akan lebih berkesan jika ditampilkan dengan foto.

Untuk desain kali ini kita dibebasin mau pake apa yang penting posternya jadi dan bisa menyampaikan maksud dari kampanye kita.Ehmmmm agak sulit juga sih :
Yang pertama musti harus tahu seberapa stage yang kita miliki,perbandingan gambar dan elemen lainnya harus cocok,kedua harus tahu gimana menata layout biar mudah dibaca dan menarik,ketiga gimana caranya mengangkat atau menghidupkan tema dalam gambar,terus yang keempat dan yang paling penting adalah gimana cara membuat orang penasaran dengan produk grafis kita dan ingin membaca isinya serta pesannya dapat dimengerti.

Yang perlu diperhatikan juga untuk tugas kali ini adalah: kali ini kita akan memproduksi sebuah karya betulan jadi kita akan memiliki hard copy dari poster tersebut.Terkadang dalam mengeprint akan terdapat hasil yang berbeda dengan yang kita lihat pada tampilan desain.
Untuk itu benar benar harus diperhitungkan ukuran pixel-nya.

Untuk ngeprint emang bagusnya oake print khusus poster dan ada di perusahaan-perusahaan desain gitu.Untungnya ada yang dekat kampus jadi bisa langsung kesana deh.

Langkah langkah mendesain sebuah poster :
1.Persiapan (Ini Penting Lho),untuk persiapan diantaranya adalah menentukan audiens alias segmentasi audiens,menentukan pesan apa yang ingin disampaikan.
2. Tahap Desain. Inilah saatnya menghidupkan tema yang udah dibuat.
Diantaranya adalah pemilihan warna, pemilihan tipografi, pembuatan elemen, dan penetapan layout dari poster.Sisakan space yang cukup dari poster sehingga tidak terlalu terkesan penuh sesak.Untuk pemilihan gambar sekali lagi perhatikan ukurannya.
3.Yak sekarang Membangun poster dari elemen-elemen yang telah ditentukan
4.Finishing. Ajak teman Anda dan mintalah pendapatnya tentang poster yang kita buat,Anda akan mendapat banyak ide baru dari sana.
Nah selamat membuat poster buat diri saya sendiri dan buat temen-temen juga.
3.

3 comments:

ndarualqaz said...

wuakakakakaka, ayo semangat buat poster.

Anonymous said...

numpang baca yah.....

Retna Purwaningsih said...

wah ak jug lagi da tugas akhir buat UAS semeste 3 ni bikin poster layanan masyarakat...hiks hiks....ayoo semangat..eh kunjungi blog ya http://nanacorp.blogspot.com/ kasih comment n isi pollingnya ya