Thursday, September 25, 2008

Pengalaman On The Train

Mudik Lebaran....

Satu tradisi yang sudah mendarah daging untuk kaum urban. Even yang satu ini emang nggak bisa dilewatin gitu aja oleh semua orang yang notabene "punya kampung halaman nun jauh disana". Gak kerasa aku juga udah ikutan jadi salah satu dari komunitas ini. Kalo jaman tahun tahun kemaren aku cuma bisa ngomentarin aja, sekarang rasain sendiri negh... hahaha karma kali. Yupz jadi satu dari ribuan urban yang mau pulang kampung di tahun ini adalah pengalaman ku yang pertama untuk tahun ini. Untuk dapet tiketnya aja kita harus ngantri... Dulu awal bulan aku maw pesen yang bisnis or eksekutif dah habis, akhirnya naek ekonomi dan itupun tanpa ada reservation nya, tempat duduk bebas pula. Untungnya adek ku baek banget mau ngantriin karena ku masih masuk kerja hari itu. Best regards for her deh...

Butuh perjuangan yang cukup berat untuk bisa masuk ke kereta. Yuh itu aja aku gak bawa barang apapun, ibarat kata cuma bawa baju yang nempel di badan. hehehe. Nyampe di dalam ternyata suasana memang gak seperti yang diharapkan. Aku sama teman seperjuangan aku (anak Kaliurang yang juga pertama kali itu naek ekonomi di suasana lebaran kayak gini) akhirnya gak dapet tempat duduk . Kereta full, penuh sesak dengan para pemudik.

Setlah beberapa lama muter muter nyari tempat akhirnya kami dapet tempat "yang lumayan nyaman". Seorang mbak memberikan tas pakaiannya untuk tempat duduk kami. ntuk beberapa saat kaki kami pun tidak bisa diluruskan. Ditekuk biar nggak dinjek ma orang yang sedang lalu lalang. Pedagang asongan dan penumpang yang baru datang saling berseliweran di depan kami. Hawa panas segera menyergap, dan semua orang pun kini bersenjatakan kipas untuk mengusir panas.

Kulihat disekelilingku banyak banget kerdus yang entah apa isinya dan tas-tas pakaian. Aku duduk dibawah sebuah keluarga kecil yang mau mudik ke klaten, sementara di sisi gang laen ada keluarga yang mau mudik ke solo. Mereka juga turun di Balapan. Yah akhirnya setelah beberapa saat kereta jalan juga.

Meskipun itu bukan kali pertama aku naek kereta dari Jakarta Solo, tapi baru kali ini aku merasakan begitu sesak dan panasnya kereta. Tapi meski begitu rasa seneng buat ketemu temen temen, ortu, sodara dan acara wisuda yang akan dilakoni membuat rasa panas dan sesak itu tak begitu mengganggu ku.

Kereta berjalan dengan lancar. Kami mulai mengobrol dan berbagi makanan camilan. Itulah kelabihan naek kereta ekonomi, kita bisa ngobrol semalaman dengan "tetangga". Heheeh biasalah obrolan ringan soal penalaman di ibu kota. Temenku (nana) dah kepanasan dari tadi, kasihan juga.

Sampai Cirebon kita musti segera berdiri dari lorong tempat kita duduk di lantai kereta. Yah kalo gak gitu dah pasti jadi sasaran diinjak sama pedagang makanan dan oleh-oleh yang jumlahnya banyak banget deh. Begitulah...

Setelah dari cirebon ada mas2 yang baek banget mau ngasih kursinya ke dua cewek yang dah dari tadi duduk dibawahnya. Yah mungkin dia gak enak juga kali ye ngeliat dua cewek duduk di bawah sementara dia duduk di atas. KArena kursianya cuma ada satu, akhire aku n nana gantian duduknya. kadang aku diatas, kadang nana yang diatas. Perjalanannya si oke oke aja, malah aku kebanyakan ngantuknya. Meskipun ngantuk paling kita cuma bisa tidur-tidur ayam gitu. Masalahe buat gerak aja dah susah.

Aku juga ngga bisa berhubungan dengan orang di rumah, maw ambil hp aja susah. Alhasil pas dah nyampe jogja kubuka hp ku dan disana ada 7 panggilan tak terjawab dan 8 pesan diterima. Busyet pada kawatir juga kali mereka sama aku. hahaha..

Meskipun perjalanan lancar kereta mesti ngetem lama bangeeeeet buat ngasih jalan kereta bisnis dan eksekutif. Akhire nyampe Solo jam 9 nan. Naympe rumah langsung tepar, rasanya ga mau kemana mana lagi. Tapi apa daya hari itu ada banyak to do list yang mesti dikerjain. Mulai ketemuan dengan tim nyampe ngurus wisuda dan ngambil toga di rumah temen.

Akhirnya baru jam setengah tuju malem aku nyampe rumah. Bener bener tepar deh. Dan kali ini seperti biasa tetep buka dijalan. Udah di Solo tetep aja gak bisa buka di rumah... Dan hidangan favorit di hari yang begitu panas tentu saja adalah es. Yummy deh...



No comments: